Jumat, 05 Juni 2015

14 Cara Dahsyat Menjadi Penulis

Cara Menulis di Blog - Bagaimana caranya menjadi penulis? Sepertinya pertanyaan ini sering kali dilontarkan oleh orang-orang yang bermimpi ingin seperti Tere Liye, Kang Abik, Asma Nadia, Andrea Hirata, dan sebagainya. Dalam benaknya, menjadi penulis pasti mengasikkan. Karyanya dibaca banyak orang dan dapat uang. 

Benarkah demikian?

Tidak melulu benar! Untuk diketahui, bahwa royalti dari sebuah buku yang laku terjual, paling-paling hanya 5ribuan saja. (Klik >>> Download Ebook Indonesia) 

Kalau yang laku terjual banyak, kan jadi banyak pemasukan juga ke rekening.

Iya jika banyak yang terjual, menjadi best seller. Tapi jika tidak, paling hanya satu dua juta saja. Belum lagi, royalti buku biasanya dibayarkan setiap tiga bulan atau ada yang lebih. 

So, menjadi penulis itu nggak enak?


Bisa enak, bisa nggak. Tergantung niat awal anda menjadi penulis. Kalau niat awal hanya ingin mendapatkan uang dan ketenaran saja. Maka berhentilah. Karena jalan kesana pasti panjang dan terjal. Penulis-penulis terkenal itu sudah berdarah-darah sebelumnya. Bertahun-tahun malah. Sekarang saja, kita mengenal mereka dengan kehidupan yang sepertinya mengasikkan. 

Tapi, aku tetap ingin menjadi penulis!

Cara menjadi penulis, cara menulis di blog, http://caramenulisdiblog.blogspot.com/
Cara Menjadi Penulis
Baik, kalau begitu, saya akan beritahukan beberapa tips penting yang harus dikerjakan. 

#1. Luruskan niat dengan baik. Karena konon, kita akan mendapatkan apa-apa sesuai niat kita. Jika baik niatnya, maka insya Allah baik ujungnya nanti.

#2. Banyak-banyak membaca buku. Ini penting dan nggak bisa ditawar-tawar. Seorang penulis harus banyak membaca agar tulisannya bisa hidup dan bernyawa. 

#3. Secara bersamaan, sering-seringlah berlatih menulis. Tidak boleh tidak, anda harus meluangkan waktu minimal 1 jam setiap hari untuk duduk dan mengetik beberapa kalimat hingga menjadi sebuah tulisan yang utuh. 

#4. Bergabung di komunitas kepenulisan. Baik yang online atau offline. Komunitas kepenulisan bertebaran dimana-mana. Bergabunglah. Kita akan banyak belajar disana, terlibat beragam diskusi, hingga bisa memasarkan buku. 

#5. Tetapkan penulis idola. Misal, jika anda ingin bisa menulis novel, maka tetapkan satu idola dan bacalah semua karyanya. Darisana kita akan banyak belajar dan sedikit demi sedikit akan mendapatkan banyak pencerahan dan ide. 

#6. Tahan menerima kritik dan saran. Tulisan kita pasti tidak langsung bagus. Maka bersabarlah jika ada yang bilang tulisan kita nggak bermutu. Itu adalah sebuah masukan yang baik, yang akan membuatmu berjalan ke arah yang lebih berkualitas. 

#7. Tanamkan pada diri sendiri, bahwa menulis adalah sebuah perjalanan panjang yang melelahkan. Maka kekonsistenan dalam menulis dan terus belajar adalah hal penting yang harus ada. Jangan mudah menyerah. 

#8. Mulailah melakukan branding dari sekarang. Buat Fan Page dan bangun twitter dengan nama sebagaimana anda ingin dikenal. Buat dari sekarang, jangan menunggu terkenal. 

#9. Mulailah mengenalkan tulisan-tulisan anda ke orang-orang. Hal ini bisa dilakukan di blog, facebook, atau twitter. Biarkan orang-orang mulai mengenal anda sebagai penulis. 

#10. Buatlah program membeli buku setiap bulan dan membacanya. Karena jika sudah dibeli dan tak dibaca, percuma lah! Buku adalah investasi. Nggak pernah rugi jika kita mampu membelinya setiap bulan. 

#11. Catat sebanyak-banyaknya alamat penerbit. Ini bisa dilakukan dengan mencarinya di internet atau di sampul belakang buku. Alamat penerbit ada disana. Pelajari setiap penerbit, visi misinya, jenis-jenis tulisan yang diterbitkan, dan sebagainya. 

#12. Kirimkan naskah yang sudah ada ke beberapa alamat penerbit yang sudah ada dan berdoalah agar dalam tiga bulan akan ada jawaban yang menggembirakan. 

#13. Sediakan anggaran lebih. Gunanya adalah untuk jaga-jaga, jika penerbit-penerbit besar tak berkenan menerbitkannya, anda bisa menerbitkan lewat jalur indie. Sekarang sudah banyak layanan demikian dan saya rasa harganya tak terlalu mahal. Asal strategi pemasarannya benar, dengan jalur indie pun anda bisa mendapatkan keuntungan berlipat. 

#14. Cari link ke penulis-penulis yang sudah terkenal terlebih dahulu. Hal ini berguna jika anda ingin meminta endorsment untuk karya yang akan diterbitkan. 

Nah, semoga dengan 14 tips ini, teman-teman bisa mewujudkan mimpinya menjadi penulis yaa.. Jangan lupa berikan satu buku ke saya, sebagai hadiah. Hehe

5 komentar:

Terimakasih sudah berkunjung. Semoga tulisan singkat disini bisa bermanfaat buat semua pembaca. Jangan lupa komentar dan berkunjung kembali ya.